5 Poin Penting Sebelum Beli Emas Logam Mulia Sebagai Investasi

Poin Penting Sebelum Beli Emas Logam Mulia Sebagai Investasi

bahasforex.com – Anda ingin berinvestasi emas dengan membeli logam mulia, simak 5 poin penting sebelum beli emas logam mulia yang perlu anda ketahui agar bisa untung lebih maksimal.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, Emas memang telah menjadi salah satu jenis investasi yang paling populer dan menjanjikan. Adapun alasan mengapa investasi emas merupakan investasi yang paling diminati karena dinilai aman dan nilainya cenderung naik setiap tahunnya serta aman dari inflasi. Selain itu, keuntungan jika berinvestasi emas adalah emas sangat mudah untuk dijual.

Namun berinvestasi emas saat ini bisa dilakukan dengan beberapa cara yakni membeli perhiasan emas untuk bisa digunakan sekaligus berinvestasi. Ada juga investasi dengan membeli emas logam mulai dalam bentuk kepingan untuk menjadi pegangan investasi, dan juga investasi emas secara online dimana investor mendapatkan nilai investasi emas secara digital dan dapat juga ditarik menjadi emas fisik.

Baca juga Begini Tips Main Saham Modal Kecil

Bagi anda yang ingin berinvestasi emas dengan membeli logam mulia, maka anda bisa menyimak beberapa tipsnya sebagai berikut.

Poin Penting Sebelum Beli Emas Logam Mulia Sebagai Investasi

Poin Penting Sebelum Beli Emas Logam Mulia Sebagai Investasi

Tentukan Tujuan Investasi Emas

Tips pertama dalam membeli emas logam mulai adalah dengan menentukan tujuan investasi emas. Anda bisa memastikan emas yang diinvestasikan untuk kebutuhan jangka panjang karena kenaikan harga emas yang cenderung lebih lambat cocok untuk dijadikan sebagai investasi jangka panjang.

Tidak hanya itu, investasi tersebut juga cocok untuk digunakan bagi orang tua yang ingin mempersiapkan dana pendidikan anak atau menunaikan ibadah haji hingga memiliki dana pensiun di masa depan. Dengan selalu mengingat tujuan itu, investor bisa mendapatkan gambaran perkiraan jumlah emas yang perlu dikumpulkan untuk merealisasikan mimpi tersebut.

Baca juga 5 Aplikasi Trading Crypto Terbaik di Indonesia

Perhatikan Kemasan

Apabila anda sudah memiliki tujuan yang jelas, maka langkah selanjutnya yakni memperhatikan kemasan yang membalut emas. Usahakan kemasan yang membalut emas jangan sampai rusak.

Khusus untuk emas Antam, bungkus logam mulia tersebut biasanya dilengkapi dengan teknologi CertiCard untuk mengetahui keasliannya. Tidak hanya itu, membuka kemasan juga berpotensi merusak dan membuat harga emas yang dibeli menjadi turun.

Cari Tempat Aman untuk Menyimpan

Bagi anda yang tertarik menyimpan emas batangan, memiliki tempat penyimpanan yang aman merupakan kewajiban karena bentuk emas yang relatif kecil kerap meningkatkan risiko logam mulia tersebut hilang akibat lupa disimpan atau faktor lainnya.

Maka dari itu, usahakan emas disimpan ditempat penyimpanan seperti brankas atau lemari yang dilengkapi dengan kunci ganda. Sehingga hal tersebut bisa meminimalisir risiko kehilangan atau tercecer.

Baca juga Cara Investasi Bitcoin Tanpa Modal, Mudah dan Gratis

Ketahui Tingkat Kemurnian Emas

Mengetahui tingkat kemurnian emas juga tidak kalah penting dalam berinvestasi emas. Semakin tinggi tingkat kemurnian maka harga emas pun akan meningkat.

Terdapat banyak tingkat kemurnian emas yang perlu diketahui seperti 24 karat dan 18 karat. Emas dengan kandungan 24 karat merupakan emas Batangan dengan tingkat kemurnian paling tinggi dan tidak ada campuran dari logam lainnya. Sedangkan emas Batangan dengan kandungan 18 karat terdiri dari 18 bagian emas serta campuran dari 6 logam lainnya.

Cek Harga Emas

Dan tips terakhir sebelum beli logam emas untuk investasi adalah dengan melakukan pengecekan harga emas secara berkala juga tidak boleh lupa untuk dilakukan. Tujuannya agar anda bisa mengusahakan dan mencari peluang membeli emas pada saat harganya sedang mengalami penurunan. Sehingga keuntungan yang didapat bisa lebih maksimal.

Setiap membeli emas batangan langsung di Antam biasanya akan dikenakan pajak sebesar 0,45% sesuai aturan Peraturan Menteri Keuangan 34/PMK.010/2017. Namun, tarif ini berlaku jika menyertakan nomor NPWP. Sementara itu, untuk pembeli tanpa menyertakan nomor NPWP dikenakan pajak sebesar 0,90%. Namun untuk pembelian emas di Pegadaian harga yang tertera sudah dikenakan pajak.

Demikian informasi mengenai 5 poin penting sebelum beli logam emas. Semoga berguna dan bermanfaat.

[addtoany]

Leave a Comment